Senin, 17 Juni 2013

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa



            Pendidikan merupakan sebuah hal yang tak mungkin kita pisahkan dari kehidupan ini, baik itu orang tua , pemuda-pemudi bahkan anak-anak butuh yang namanya pendidikan. Pendidikan tersebut dimulai dari lingkungan keluarga ,sekolah, masyarakat dan sebagainya. Berbicara mengenai pendidikan , sebaiknya kita jangan membahas terlalu jauh ,sudah sepantasnya kita membahas pendidikan yang ada di kabupaten muda  yaitu Kabupaten Kubu Raya, tentang pahlawan  pendidikan atau lebih tepatnya pahlawan tanpa tanda jasa yaitu guru.
            Di kubu raya,  profesi guru masih dibutuhkan  terutama bagi daerah pelosok yang sulit dijangkau
misalnya SMA/SMK , SMP dan SD yang ada di tingkat kecamatan. Jumlah guru yang ada di sekolah-sekolah tersebut masih kurang, bahkan ada guru yang mengajar pelajaran yang bukan di bidangnya. Masalah ini tentunya juga dialami sekolah yang ada di berbagai kecamatan yang ada di Kubu Raya meskipun tidak semuanya tetapi pasti ada sebuah sekolah atau lebih mengalami masalah tersebut.     Kondisi ini tentunya berbeda dengan sekolah–sekolah yang ada di kota atau daerah yang  mudah dijangkau dan kualitas gurunya pasti lebih baik dari guru-guru yang ada di sekolah-sekolah daerah terpencil. Ini disebabkan sekolah – sekolah di kota beserta gurunya mendapat perhatian lebih dari pemerintah . Hal ini tentu akan membuat perbedaan ilmu yang di dapat oleh seorang pelajar dari desa bila dibanding kan dengan peelajar yang ada dikota.
            Masalah ini tentunya menjadi  tugas  pemerintah Kubu Raya dan masyarakat untuk menangani masalah tersebut. Namun tidak dapat di pungkiri bahwa kualitas pendidikan dan guru di kabupaten muda ini terus berkembang meski sedikit demi sedikit. semoga dengan adanya perkembangan tersebut kualitas guru di Kubu Raya semakin meningkat.
                                                                                                                                                                Rusliandi              
                                                                                                   
                                                    
                                                                            Asrama Mahasiswa Kubu Raya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar