Minggu, 10 Januari 2016

Selamat Ujian Akhir Semester

Senin 11 Januari 2016 adalah hari pertama ujian akhir semester di berbagai perguruan tinggi, khususnya di Perguruan Tinggi Negeri. Ujian akhir semester ini menjadi momentum bagi para mahasiswa untuk menunjukkan eksitensi akademisnya selama 6 bulan mereka menggarap ilmu di kampus masing-masing.
Tentu hasil sempurna yang ingin diraih tidaklah mudah untuk di dapat. Maka harus belajar dengan sebaik-baiknya agar penyesalan tidak menghampiri setelah ujian akhir selesai dikarenakan tidak optimalnya belajar. Berikut tips cara belajar yang baik :
1. Ciptakan suasana yang kondusif
Kita harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.
2. Lihat garis besarnya dahulu
Tips cara belajar yang baik dengan melihat garis besar materi. Kita bisa lebih meningkatkan
pemahaman bila melihat sepintas garis besarnya. Jika membaca bacaan yang cukup panjang, maka bacalah dahulu kalimat pertama dari setiap paragrafnya.
3. Buatlah catatan intisari dari bahan pelajaran
Sebaiknya catatan itu ditulis kedalam buku kecil atau kertas yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga bisa dibaca kapan dan dimanapun kita berada.
4. Berlatihlah tehnik kemampuan mengingat

Agar lebih mudah kita ingat sebaiknya materi yang akan kita hafal itu diubah menjadi sebuah singkatan atau kata kunci. Seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan-singkatan dari warna pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu. Dengan menggunakan cara seperti ini kita bisa ingat sampai puluhan tahun lamanya.
5. Belajarlah dengan tekun dan rutin
Tips cara belajar yang baik dan paling ampuh adalah dengan tekun dan rutin. Belajar tepat waktu dan serius juga sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi belajar, apabila kamu jarang belajar maupun  hanya belajar jika akan ada ulangan pasti prestasinya gak akan maksimal. Jadi belajarlah dengan tekun dan rutin selagi ada waktu untuk belajar. Juga jangan belajar dengan tergesa-gesa pada hari terakhir sebelum ulangan, cara belajar yang baik seperti itu hasilnya juga nggak akan maksimal.
Penulis : Abdul Muhid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar